-->

Wakapolres Purbalingga Ajak Wartawan Waspadai Hoaks Jelang Pilkada

BeritaBaru.id
Jumat, 26 Juni 2020, 17:10 WIB Last Updated 2020-06-26T10:10:45Z
  Wakapolres Purbalingga Ajak Wartawan Waspadai Hoaks Jelang Pilkada

ERA JATENG ■ Polres Purbalingga menggelar sarasehan bertema Pilkada 2020 di Aula Objek Wisata Green Sabin, Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, pada Kamis (25/6/2020).

Kegiatan dilaksanakan bersama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Purbalingga.

Wakapolres PurbaIingga Kompol Sopanah dalam kesempatan itu mengatakan Kabupaten Purbalingga merupakan salah satu kabupaten yang akan menggelar Pilkada tahun 2020. Sinergitas antara jajaran kepolisian dan wartawan sangat diperlukan terkait pelaksanaan tahapan Pilkada 2020.

“Kita harus bersama-sama mensukseskan Pilkada yang dilaksanakan ditengah pandemik ini,” kata Wakapolres

Sopanah menyampaikan salah satu hal yang patut diwaspadai saat pelaksanaan tahapan Pilkada adalah maraknya berita hoaks. Oleh karena itu pihaknya berharap jajaran PWI Purbalingga dan wartawan bisa menangkal menyebarnya berita hoaks tersebut.

“Salah satu caranya dengan membuat berita yang akurat dan memberikan suasana yang positif bagi masyarakat. Selain itu, bisa meluruskan berita yang tidak benar terkait Pilkada,” ucapnya.

Kendati masih berada di masa pandemik Corona menurutnya pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember mendatang sudah menjadi keputusan pemerintah. Oleh karena itu jajaran kepolisian sebagai petugas pengamanan siap mengamankannya.

“Kami mohon dukungan kerjasama dengan kalangan wartawan agar bisa bersinergi sehingga semua bisa berjalan lancar,” ungkapnya.

Ketua PWI Purbalingga Joko Santoso dalam kesempatan yang sama menyampaikan Pilkada 9 Desember mendatang merupakan Pilkada yang dilaksanakan ditengah pandemik corona. Merupakan tugas bersama antara wartawan dan stake holder lainnya untuk mengawal proses tersebut agar tetap sesuai dengan aturan.

“Kami siap untuk menangkal berita hoaks yang tujuannya malah membuat suasana menjadi tidak kondusif. Tentunya bersama sama bersinergi dengan jajaran kepolisian,” tandasnya.

Sejumlah pejabat utama Polres Purbalingga hadir dalam acara tersebut. Masing-masing Kabag Ops AKP Pujiono, Kabagren Kompol Herni Suharyati, Kasat Intelkam Kompol Siswoto, Kasat Reskrim AKP Meiyan Priyantoro, Kasat Resnarkoba Iptu Mufti Is Efendi, Kasat Sabhara Iptu Wartono, Kasat Lantas AKP Indri Endrowati dan Kasubbag Humas Iptu Widyastuti.

Peserta sarasehan adalah pengurus serta anggota PWI dan wartawan yang melaksanakan liputan di Kabupaten Purbalingga. Dalam kesempatan tersebut wartawan juga bersepakat untuk melawan berita hoaks dan kampanye hitam yang bisa mengganggu kondusifitas pelaksanaan Pilkada.

Dari pantauan, kegiatan sarasehan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Para peserta diwajibkan cuci tangan dan melakukan pemeriksaan suhu tubuh. Selain itu, peserta juga diwajibkan memakai masker.

■ Imam Santoso/Hms

Komentar

Tampilkan

Berita Terbaru