-->

Canangkan Wisata Mina, Bupati Pemalang Ingin Randudongkal Menjadi Destinasi Wisata Alternatif

ERA JATENG
Kamis, 11 Maret 2021, 22:58 WIB Last Updated 2021-03-11T15:58:29Z
Canangkan Wisata Mina, Bupati Pemalang Ingin Randudongkal Menjadi Destinasi Wisata Alternatif

ERA JATENG ■ Masih dalam rangka monitoring semua kegiatan yang ada di kabupaten Pemalang, pada Sabtu 6 maret 2021, Bupati Pemalang Agung Mukti Wibowo dan Wabub Mansyur Hidayat  melakukan serangkaian giat peninjauan di beberapa tempat, utamanya wilayah pesisir laut jawa hingga lereng G slamet.

Seperti tak kenal lelah, usai shalat Maghrib Bupati Pemalang beserta rombongan dinas terkait, juga masih harus lembur hingga malam guna melanjutkan lawatannya. 

Setidaknya, ada dua lokasi berbeda Desa dan kecamatan yang dikunjungi. Lokasi pertama  adalah pembibitan dan pelatihan Budi daya ikan koi milik warga jl seruni rt01/06 Ds Moga, Kecamatan Moga, sedangkan tempat ke dua adalah Dinas Perikanan Kecamatan Randudongkal.

Ditempat ini, Bupati memberi arahan terkait pengelolaan balai benih dan Budi daya ikan air tawar di Randudongkal.

Canangkan Wisata Mina, Bupati Pemalang Ingin Randudongkal Menjadi Destinasi Wisata Alternatif

Bupati melalui Pemerintahan telah mencanangkan tempat tersebut akan di multi fungsikan peruntukannya. Rencananya lahan seluas 1 hektar tersebut nantinya akan di modifikasi, sehingga akan berkembang menjadi sebuah destinasi wisata berbasis air, tanpa mengubah peruntukanya.

Dengan rincian 7000 m2 di patok menjadi  kolam, sedangkan 3000 m2 bangunan akan diperuntukkan berbagai fasilitas pendukung, termasuk resto.

Atas rencana besar tersebut, Komunitas Gempur (gerakan  masyarakat untuk perubahan) Kabupaten Pemalang menyambut antusias gagasan ini. 

Gempur meyakini upaya Bupati mencanangkan Wisata Mina di Randudongkal sebagai langkah yang tepat dan akan memberi kemaslahatan bagi warga sekitar, utamanya Pemalang.

Sementara itu, Kepala Perikanan Randudongkal Suharto, kepada wartawan mengatakan, bahwa wisata Mina yang rencananya tahun 2022 mulai di bangun, adalah gagasan pasangan Bupati baru. 

"Itu bukan pengajuan pihak kami. Hal ini sebagai  langkah awal menuju desa wisata (Dewi)," ujarnya.

Canangkan Wisata Mina, Bupati Pemalang Ingin Randudongkal Menjadi Destinasi Wisata Alternatif

Dengan majunya dunia pariwisata di Kabupaten Pemalang, kata dia, akan memajukan pula taraf hidup masyarakat, sehingga laju program Desa sinergi/Desi, desa digital/Dedi dan Koin ( kota industri ) bisa di capai, untuk mewujudkan Pemalang yang adil, makmur, agamis dan ngangeni (AMAN).

"Kami nantinya akan bekerja sama dengan pihak lain untuk siapkan lahan  parkir pengunjung," katanya.

Menurutnya, terbatasnya lahan ditempat ini adalah alasan utamanya. "Namun sejauh ini sudah ada ajakan kerja sama oleh penduduk setempat," pungkas Kepala Perikanan Randudongkal Suharto.

■ Himawan.

Komentar

Tampilkan

Berita Terbaru

ERA SOLO

+