-->

Jelang Ramadhan, Warga Pulosari Pemalang Benahi Makam Patih Suro Menggolo

ERA JATENG
Selasa, 02 Maret 2021, 12:20 WIB Last Updated 2021-03-02T05:20:12Z
 
Jelang Ramadhan, Warga Pulosari Pemalang Benahi Makam Patih Suro Menggolo

ERA JATENG ■ Menyambut bulan suci ramadhan 1442H,  warga RT O1 dan 02  DS Pulosari, Kabupaten Pemalang sudah mulai merapikan akses keluar masuk ke Makam Patih Suro Menggolo.

Sejak pagi tadi, tampak warga membersihkan makam, melakukan normalisasi saluran air, penanaman pohon semi hias (andong), perlebaran tempat parkir dan pembuatan jalur khusus menuju makam tertua di TPU tersebut. 

Menurut warga setempat. yang di maksud makam tertua adalah, makamnya mbah  Huzen suro menggolo. Beliau (alm) merupakan murid murid Sunan kali jaga (salah satu wali Sanga di tanah Jawa) yang mempunyai gelar Patih sebuah kerajaan Jawa saat itu.

Konon, patih suro menggolo merupakan pendiri desa Pulosari, sehingga untuk mengabadikan namanya, makam umum ini di beri nama makam Suro Menggolo.

"Kami belum bisa mengulas sejarahnya, judul dan kemasan lain akan menjadi sajian berikutnya," kata Lukman, kepada Era Jateng.

Jelang Ramadhan, Warga Pulosari Pemalang Benahi Makam Patih Suro Menggolo

Dia menambahkan, giat yang sudah berjalan hampir sebulan masih berlangsung anak muda, tokoh, bahkan emak emak warga 01 dan 02 kompak ikuti.

Saat menjawab pertanyaan awak media, Lukman dan beberapa rekannya menyatakan bahwa giat ini rutin tiap jelang bulan puasa.

Seperti lazimnya tahun-tahun sebelumnya, area parkiran sengaja  disiapkan agar peziarah dan pengguna roda empat bisa langsung masuk ke lokasi, tanpa meninggalkan kendaraanya di pinggir jalan raya yang berjarak hampir 500m dari lokasi kuburan.

"Tujuan utama kami  mengurangi terjadinya kemacetan dan antisipasi terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan oleh semua pihak. Mengingat peziarah yang datang tidak hanya penduduk lokal saja," jelasnya.

Salah seorang warga mengungkapkan bahwa, beberapa waktu lalu 3 mikro bus berpenumpang penuh mampir ke makam tersebut Khusus menziarahi Mbah Husen suro menggolo. Berdasarkan  pengakuan mereka rombongan tersebut berasal dari Jawa Timur. 
 
Seringnya tempat ini di tuju oleh peziarah luar daerah, tentunya warga setempat harus bisa memberi rasa aman dan nyaman.

Menyadari pentingnya masalah tersebut, warga setempat bekerja sama dengan kades (pemdes) sudah mulai menggagas kepengurusan makam.

Sutarno Kades Pulosari sangat berharap, kepengurusan makam segera bisa di bentuk, agar makam yang mempunyai nilai sejarah itu, bisa lebih terpelihara. Apresiasi tersebut di ungkapkan H Sutarno jelang keberangkatanya ke kantor Kabupaten guna menghadiri rapat, pada Selasa 02/03/2021. 

■ Himawan

Jelang Ramadhan, Warga Pulosari Pemalang Benahi Makam Patih Suro Menggolo




Komentar

Tampilkan

Berita Terbaru

ERA SOLO

+