-->

Bupati Pemalang Minta Seniman dan Budayawan Membuat Terobosan Untuk Dongkrak Pariwisata

Era Jateng
Jumat, 19 November 2021, 23:00 WIB Last Updated 2021-11-19T16:00:31Z

ERA JATENG ■ Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Kabupaten Pemalang sukses menggelar Rembug Akbar yang di ikuti oleh pegiat Seni Budaya dan Pariwisata se-Kabupaten Pemalang, pada Selasa (16/11) di Hotel Winner. 

Tampak hadir Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, Kepala Dinas terkait, Kepala Desa Wisata, Pengelola Desa Wisata, GIPI, DKD, DKP, PWI, AWPI dan pengurus Komunitas Seni Kabupaten Pemalang.

Event Rembug bertajuk "Akselerasi Pengembangan Pariwisata berbasis Kolaborasi" tersebut, Bupati Pemalang menyampaikan keinginannya agar pelaku Seni dan Budayawan bersama Pemerintah Daerah membangkitkan performa kepariwisataan yang ada di wilayah Pemalang.

Agung menambahkan, Rembug (diskusi) yang sedang berjalan, Seniman dan Budayawan mampu membuat terobosan agar dunia pariwisata di Kabupaten Pemalang menjadi Luar biasa.

"Banyak hal yang bisa digali guna memajukan dan mendongkrak dunia pariwisata di Pemalang," kata Agung.


Bupati menilai event rembug tersebut sudah sesuai dengan visi Misi Adil Makmur Agamis dan Ngangeni (AMAN). Dengan program Unggulan Desi: Desa Sinergi, Dewi :Desa Wisata., Dedi : Desa Digital serta Koin: Kota Industri.

Sementara Kabid Pengembangan Promosi Pariwisata Dra Arzia Rosyada kepada wartawan menjelaskan, Disparpora Kabupaten Pemalang hanya memfasilitasi kegiatan tersebut, berdasarkan surat permohonan nomor 010/GIPI PML/11/2021 yang di ajukan oleh GIPI.

Terkait hal ini, Teguh Satya Yuwono, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia Kabupaten Pemalang menjelaskan, Rembug Akbar tersebut merupakan gagasan GIPI.

Sepanjang Jaman, baru pertama ada di wilayah kabupaten ini. "Jadi saya berharap kegiatan ini menjadi starting poin kolaborasi. Seniman, Budayawan dan pegiat Pariwisata yang ada di Kabupaten Pemalang, agar tidak hanya sebagai wacana saja. Namun Kolaborasi, benar benar suatu kesepakatan yang  harus betul betul di laksanakan," pungkasnya.

"Kami sedang wacanakan dalam waktu dekat akan ada pertemuan pertemuan kecil untuk membahas agenda kegiatan yang lebih besar. Termasuk mempersiapkan Even Pariwisata dan Budaya pada Juli 2022 mendatang," imbuhnya.

Dia menambahkan, kami sudah meminta kepada Kepala Daerah selaku pemangku kebijakan agar pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Pemalang, event dan kemeriahannya di isi oleh Masyarakat Lokal," ungkap Teguh Satya Yuwono kepada wartawan Era Jateng.

■ Himawan
Komentar

Tampilkan

Berita Terbaru

ERA SOLO

+